Opening Ceremony Dies Natalis UNY ke-51

Apindania :D

Apindania 😀

Alhamdulillah, hanya itu yang dapat saya ucapkan ketika kelas saya ditunjuk oleh bapak kajurdik untuk menjadi bagian dari penari pembuka upacara dies natalis kampus UNY yang ke-51. Tidak pernah terbayangkan oleh saya yang masih duduk di semester dua untuk mengikuti event sebesar ini bersama pelatih tari dan dosen dari fakultas bahasa dan seni (FBS UNY). Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi saya dan teman-teman Pendidikan Biologi C 2014 yang menjadi bagian dari event tersebut. Karena event itu, saya mendapatkan banyak pengalaman berharga, teman baru, dan keluarga baru.

Mulanya konsep untuk pembukaan dies adalah drama musikal seperti konsep yang pernah kami tampilkan dalam acara ASMB (Apresiasi Seni Mahasiswa Biologi) tahun lalu tetapi ternyata dosen dan mas-mbak pelatih tidak menyetujuinya dan akhirnya merombak seluruh konsep menjadi konsep tarian rampak. Selama hampir sebulan kami berlatih keras demi menampilkan tarian rampak yang sederhana itu. Lelah, letih, lemas, lunglai, dan banyak L lainnya kami rasakan. Hingga hari H itu tiba.

19 Februari 2015

Hari itu kebetulan perkuliahan libur karena bertepatan dengan imlek. Jadi saya bisa sedikit berleyeh-leyeh di rumah sebelum sore harinya saya harus ke kost-an teman saya untuk menginap. Wait, menginap? Sleepover? Ya, saya harus menginap karena jam 03.00 WIB saya sudah harus berada di ruang sidang II untuk bermake-up. Saya tidak mungkin menerjang dinginnya pagi dari rumah sehingga saya memutuskan untuk menginap. Itu pertama kalinya saya menginap saat kuliah.

20 Februari 2015

Pukul 02.00 WIB saya terbangun karena alarm. Walaupun saya baru tidur kurang lebih dua jam, saya tetap bertekad untuk bangun dan membangunkan teman-teman saya untuk bergantian mandi. Tiba-tiba ada insiden yang membuat kami panik. Salah seorang teman saya panik karena tidak mendapati cincin yang biasanya tersemat di jemari tangannya. Semua orang yang ada di kamar kost menjadi panik sampai akhirnya dia menelepon mamanya dan ternyata cincinnya tertinggal di kamar mandi rumah. Huf, lega.

Seusai kami mandi dan bersiap kami langsung berangkat ke kampus untuk berdandan. Sampailah kami di ruang sidang II yang ternyata sudah dipadati oleh penari lainnya. Kami mengantri untuk dimake-upi oleh mbak pelatih dan kemudian terdengarlah suara adzan shubuh. Untung sudah wudhu jadi kami bisa langsung shalat walaupun sudah bermake-up.

Pukul 06.00 WIB, kami melakukan tos terakhir kami sebelum tampil untuk mengiringi pak rektor dan kawan-kawan memasuki tempat upacara. Saya mulai nervous. “DIES NATALIS FMIPA UNY…. SUKSES!!!” Begitu kata-kata yang kami teriakkan untuk memacu semangat kami pagi itu.

Sekitar pukul 07.00 WIB kami benar-benar harus membuktikan hasil latihan kami selama hampir sebulan terakhir ini dalam waktu selama 7 menitan. Nervous menjalar dalam tubuh saya menyebabkan saya blank dan melakukan beberapa kesalahan dalam menari.

Usai menari kami berkumpul lagi di ruang sidang II, mengumpulkan kostum kami dan mengucapkan salam perpisahan pada mbak-mas pelatih, dosen FBS, dosen pembimbing, dan teman-teman dari FBS yang sudah bersedia membantu kami dalam menarikan tarian sederhana itu.

Begitu banyak momen yang telah tercipta selama latihan kami yang hampir sebulan itu. Keceriaan, kejengkelan, miskomunikasi, semangat, dan kebersamaan. Semuanya menjadi bagian dari sebuah keluarga baru yang terbentuk karena event ini. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan tak akan pernah terlupa.

Abaikan muka aneh di dalam foto

Abaikan muka aneh di dalam foto

Bersama bapak Dekan FMIPA, bapak Rektor UNY, dan ibu Koor Pencanangan Dies Natalis UNY ke-51

Bersama bapak Dekan FMIPA, bapak Rektor UNY, dan ibu Koor Pencanangan Dies Natalis UNY ke-51

Penari Sang Pertiwi

Penari Sang Pertiwi

Leave a Reply

