Dear Res,

Halo, Res… yang tadi sore datang ke rumah. Terima kasih sudah mengunjungi teman lamamu ini. Membagi sedikit penatmu. Menyampaikan semua ragu.

Maaf jika jamuanku tadi kurang berkenan di hatimu. Tapi sebisa mungkin kumuliakan kamu sebagai tamu. Mungkin lain kali jika kamu datang lagi akan ku persiapkan lebih yang baik. Semoga kamu tak jera datang ke rumah sederhana ini.

Banyak kata yang mungkin menyinggungmu. Banyak tawa yang mungkin meremehkanmu. Banyak sikap yang mungkin menjatuhkanmu. Tapi sungguh saya tak pernah berniat begitu. Saya hanya ingin menunjukkan kehidupan rumahan yang tak kenal gengsi lagi palsu. Bahwa di rumah kita juga sibuk dengan pekerjaan rumah, mencuci, memasak, atau menyapu. Bercanda tawa sebagai penghibur meski terkadang ngelantur.

Res, kamu boleh datang kemari kapan saja selama saya juga berada di rumah. Kamu boleh menjadikannya tempat berkeluh kesah. Melepaskan segala gundah dan gelisah. Saya di sini akan mendengarkannya sepenuh hati. Karena kamu adalah salah satu yang saya punya di dunia ini.

Kita tahu bahwa selain saudara kita juga punya teman baik. Layaknya saya dan kamu. Meski dalam bisu, kita bisa saling tahu. Tanpa banyak kata, kita saling bantu.

Kamu bijak. Kamu cerdas. Kamu tahu yang kamu mau. Meski terkadang kamu ragu. Tapi saya selalu mendukungmu. Sewaktu sekolah dulu mungkin kita adalah rival, tapi sekarang kita adalah sepasang yang saling mengandalkan. Sepasang yang akan saling pasang badan jika yang satu terluka dan perlu bantuan. Sepasang yang jika salah satu sayapnya patah akan menjadi lemah. Sepasang yang saling mendukung satu sama lain.

Saya harap akan selalu begitu. Sampai nanti, ketika saya sudah tak berada di kota ini. Sampai nanti, ketika masa tua menghampiri. Sampai nanti, ketika nafas terakhir berhenti.

Berbahagialah, Res. Jemput mimpimu. Hampiri pangeranmu. Raihlah bahagiamu. Lalu dari sini saya akan tersenyum dan memberikan selamat untukmu. Mungkin bukan yang pertama kali atau pun yang terakhir kali. Tapi saya hanya ingin kamu tahu, jika saya di sini. Saya mendukungmu apapun pilihanmu.

Jogja, 23/04/2017

Leave a Reply

