Kamu yang pernah ingin singgah, tapi saya tolak mentah-mentah

Apa kabar? Sudah sembuhkah hatimu?

Atau masih seperti tertancap paku? Jujur, saya ingin tahu.

Malam ini saya memikirkanmu. Kamu yang  dulu tak sengaja mengenal saya di sebuah kios cemilan milik seorang teman. Yang selalu bilang saya autis karena terlalu asik dengan gawai kekinian. Kamu yang sebenarnya selalu membuat saya tertawa karena salah tingkah ketika digoda.

“kalau aku cinta dia, memangnya kenapa?” ucapmu ketika terpojok setelah digoda si teman. Saya mendengarnya dengan jelas. Sontak itu membuat saya tersipu. Saya pun menjadi bulan-bulanan si teman untuk digoda. Saya tidak suka. Ya, saya tahu apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Saya harus tegas kepadamu.

Maaf kamu bukan tipe saya. Setelah menyatakan itu, kemudian saya menghilang. Saya tak pernah lagi mampir ke kios cemilan itu. Saya pun memutuskan komunikasi dengan si teman. Meminimalisir peluang untuk bertemu dan tahu kabarmu. Iya, saya menghindari kamu. Sebegitu antinya saya terhadap kamu.

Lalu kamu tak pernah mengirimi pesan lagi. Tak pernah menanyakan kabar lagi. Kamu seolah pasrah dengan nasibmu itu.  Atau mungkin ego lelakimu yang menyuruh begitu. Sebab saya sudah menyakitimu lebih dari sekedar perih. Hingga membuat hatimu akhirnya mendidih.

Kamu pasti lebih tahu bahwa banyak perempuan di luar sana yang menantikanmu. Yang akan menyambut cerita dan candamu dengan tawa sumringah. Yang akan menghapus peluhmu karena lelah. Jadi kamu tak akan gelisah. Mungkin wanita itu bukan saya, si perempuan kecil yang tak punya hati. Mungkin setelah ini saya akan mendapat karma. Ya, saya akan menerimanya dengan ikhlas hati.

Lewat tulisan ini, saya ingin meminta maafmu. Ingin memupuskan segala rasa bersalah yang sudah sekian lama terpendam di hati. Meluruskan apa yang keliru. Agar nantinya semua bisa berjalan maju.

Jogja, 16/04/2017

Leave a Reply

