Terima kasih yang ketiga

Untukmu si adik kecil yang telah memberikan kesempatan untuk menjadi seorang kakak. Menjadi seorang panutan dan pedoman dalam setiap tindakan. Menjadi seorang yang bertanggung jawab penuh pada dirinya dan orang lain.

Mungkin dulu sewaktu kecil, kakak sering merebut kempongmu, meminjam sepedamu tanpa izin, merusak mainanmu, menoyor kepalamu, bermain dengan daun telingamu, dan kejahilan-kejahilan lainnya. Tapi ingatkah, kamu juga melakukan hal yang sama? Kamu sering mengambil makanan tanpa izin dari kakak. Kamu juga sering mengadu pada ibu ketika kakak tak sengaja melakukan kesalahan. Ibu kemudian marah dan menjewer telinga kakak. Itu sangat menyebalkan.

Tapi itu dulu. Saat kita belum tahu apa arti saudara. Perlahan ibu dan bapak mengajarkan kita untuk saling sayang, saling mendukung, saling menjaga. Hingga kakak tahu kamu sekarang sudah beranjak dewasa.

Dulu, tinggimu hanya setelinga kakak. Namun sekarang kamu sudah menyalip dengan mudahnya. Sekarang kakak hanya setinggi pundakmu.

Tumbuhlah dewasa, dik. Nikmatilah masa mudamu yang tak akan pernah terulang untuk kedua kalinya. Pergilah mencari ilmu dan mencinta sebanyak-banyaknya, tapi tetaplah mengingat Tuhan. Sebab Ia lah yang memberimu kesempatan untuk mencicipi udara dunia. Bapak dan ibu hanyalah perantara, dan kakakmu ini hanya bisa berbicara.

Bercita-citalah setinggi mungkin. Berusahalah untuk menggapainya. Kakak di sini mendukungmu.

Temuilah gadis impianmu. Dekati dengan cara yang sopan dan tak terburu-buru. Tak apa jika ia menolakmu. Masih banyak gadis lain yang akan menerimamu. Sekalinya nanti ada yang menyakitimu, maka kakak akan jadi orang pertama yang membelamu. Beraninya ia menyakiti adik lelakiku yang luar biasa baiknya.

Jangan lupa untuk terus berbakti pada orang tua, pada bapak dan ibu. Sebab berkat merekalah kita bisa bertemu dan menjadi keluarga yang padu.

Sekali lagi, terima kasih, dik. Kakak teramat sangat menyayangimu.

Jogja, 21/10/2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s